Wajib Sesuai Minat Bakat, Begini Cara Menentukan Jurusan Kuliah 2022

 

Hallo... Bagi Kalian yang akan lulus SLTA pasti sedang pusing-pusingnya akan memilih jurusan apa untuk kuliah nanti. Memilih jurusan itu sangat penting dan tidak boleh sembarangan ya teman-teman, karena itu akan mempengaruhi kita saat sudah masuk kuliah. Banyak Mahasiswa yang akhirnya merasa salah jurusan karena tidak mempertimbangkan dengan baik sebelum memilih jurusannya. Nah agar teman-teman tidak merasa salah jurusan juga disaat kuliah nanti, artikel ini cocok banget buat kalian. Disini akan dibahas bagaimana sih cara menentukan jurusan sesuai minat dan bakat, agar kita tidak merasa salah jurusan saat kuliah nanti. Yuk langsung saja disimak dibawah ini...


1. Apa yang Kamu Suka?

"Sampai sekarang, aku nggak tahu aku sukanya apa,"

Sebenarnya, potensi yang ada di dalam diri kamu dapat diketahui dengan mudah lho. Contohnya nih, apa yang kamu lakukan di saat senggang? Memasak, menonton anime, atau menulis? Jika kegiatan ini sering dilakukan dan membuatmu bersemangat, pilih jurusan yang berkaitan dengan aktivitas tadi. Misalnya, jurusan Broadcasting untuk yang hobi menonton dan punya cita-cita membuat film sendiri.

2. Minat dan Bakat Setiap Orang Berbeda

Bagaimana kalau kamu nggak suka menonton, memasak, menulis, dan semacamnya? Gimana kalau ternyata hari-hari kamu diisi dengan rebahan sambil baca AU? (aku juga sering baca AU kok hehe). Tenang, minat dan bakat nggak melulu tentang menghasilkan karya. Setiap orang memiliki kelebihannya masing-masing, mungkin kamu aja yang belum sadar. Who knows jika kamu ternyata adalah pendengar yang baik dan sering dimintai saran ketika temanmu sedang dalam masalah? Gotcha! Kamu cocok masuk jurusan Psikologi atau Pendidikan Guru BK.

3. Riset Jurusan

Malu bertanya berujung pada penyesalan. Mumpung waktunya masih ada, gali informasi sebanyak-banyaknya seputar program studi yang ingin diambil. Luangkan waktu untuk mengobrol dengan guru BK, kakak alumni, tutor di tempat kamu bimbel, atau membaca artikel jurusan di blog Brain Academy. Jangan termakan mitos yang beredar, kayak "Ngapain masuk Farmasi? Emangnya mau jual obat?" Penting untuk mengetahui mata kuliah, tantangan, serta prospek kerja di masa depan. Hal ini membantu kamu untuk mempunyai gambaran tentang perkuliahan dan nggak khawatir mau jadi apa setelah lulus nanti.

4. Riset Perguruan Tinggi

Selain itu, cari perguruan tinggi yang terakreditasi, memiliki fasilitas lengkap serta pengajar profesional. Ada sebagian kampus yang identik dengan jurusan tertentu, seperti Universitas  Negeri Jakarta (UNJ) sebagai pelopor jurusan pendidikan di Indonesia atau London School Public Relation (LSPR) sebagai kampus swasta jurusan komunikasi terbaik.  Menjelang tahun ajaran baru, beberapa universitas menyelenggarakan campus tour untuk mengajak calon mahasiswa mengenal lingkungan kampus. Di acara itu, kamu bisa bertanya seputar biaya kuliah, beasiswa, dan sebagainya.


5. Jangan Terpaku dengan Satu Jurusan

"Pokoknya, harus Manajemen, titik."

Sah-sah aja sih kalau mau ambis, tapi jangan lupakan plan B ya. Apalagi, jika program studi yang kamu pilih punya passing grade yang lumayan tinggi. Sudah tahu jurusan Saintek dan Soshum terketat di UTBK? Pikirkan jurusan cadangan dengan mata kuliah yang mirip dengan pilihan pertama. Misalnya, kalau nggak diterima di Manajemen, kamu bisa mendaftar ke jurusan Ilmu Ekonomi, Administrasi Bisnis atau Bisnis Digital. Biar nggak sakit hati banget gitu lho kalau ditolak di pilihan pertama :(

6. Perhatikan Biaya Kuliah

Hal yang nggak kalah penting yaitu memperhatikan biaya kuliah. UKT Jurusan Kedokteran pastinya berbeda dengan Jurusan Agribisnis. Pastikan kamu berdiskusi dengan orang tua agar tidak memberatkan mereka di kemudian hari. Buat yang mau daftar lewat jalur mandiri, siapkan dana sekitar belasan sampai puluhan juta rupiah. Seleksi mandiri umumnya meminta sumbangan awal di tahun pertama perkuliahan. Terus, di beberapa jurusan kayak Kedokteran, Teknik, atau Desain sering mengadakan praktik yang mengharuskan kamu membeli peralatan dengan harga yang ehm lumayan. So, rajinlah mencari informasi seputar beasiswa untuk meringankan biaya kuliah.

7. Jangan Ikut-Ikutan Teman

Masih ingat dengan perumpamaan memilih jurusan seperti membeli makanan di kantin? Kita terlanjur menyamakan pilihan dengan orang terdekat karena bingung dan dikejar waktu. Temen kita jajan seblak, kita ikut-ikutan. Padahal, lambung kita nggak kuat makan makanan pedas :( 

Perkara masa depan, terkadang kita takut mengambil keputusan sendiri. Menyamakan pilihan dengan teman dengan alasan "biar kuliahnya nggak sendirian." Belum tentu kamu dan mereka punya bakat yang sama. Kalau ternyata pas dijalani nggak sesuai, siapa yang mau tanggung jawab? Kenali minat dan bakat kamu, jangan mudah terbawa arus dengan lingkungan sekitar.


Nah itu dia yang harus dipertimbangkan sebelum memilih jurusan kuliah. Bagaimana teman-teman, sudah pada tahu belum jurusan apa yang cocok sesuai minat dan bakat masing-masing? semoga artikel ini bisa membantu teman-teman dalam mempertimbangkan jurusannya yah. Oke, Sampai jumpa di artikel berikutnya...

Kata Kunci : 
memilih jurusan kuliah yang tepat,
memilih jurusan kuliah berdasarkan kepribadian,
cara memilih jurusan kuliah sesuai potensi,
cara memilih jurusan kuliah snmptn,
cara memilih jurusan kuliah untuk anak ipa,
cara memilih jurusan kuliah untuk anak ips,
motivasi memilih jurusan kuliah,
bagaimana memilih jurusan kuliah yang tepat,
pilih jurusan kuliah anak ips,
tips memilih jurusan kuliah untuk anak smk,
bingung memilih jurusan kuliah,
cara memilih jurusan kuliah yang tepat,
cara tepat memilih jurusan kuliah,
dilema memilih jurusan kuliah,
pilih jurusan kuliah ipa,
cara memilih jurusan kuliah ips,
tips memilih jurusan kuliah jalur snmptn,
cara memilih jurusan kuliah yang sesuai kemampuan,
tes kepribadian untuk memilih jurusan kuliah,
tes psikologi memilih jurusan kuliah,
referensi memilih jurusan kuliah,
cara memilih jurusan kuliah,
cara memilih jurusan kuliah agar tidak salah pilih,
cara memilih jurusan kuliah sbmptn,
tips memilih jurusan kuliah sbmptn,
saran memilih jurusan kuliah,
tips memilih jurusan kuliah,
tips memilih jurusan kuliah untuk anak ipa,
tips cara memilih jurusan kuliah,
tes memilih jurusan kuliah berdasarkan kepribadian,
tips untuk memilih jurusan kuliah,
tes untuk memilih jurusan kuliah yang tepat,
cara memilih jurusan yang tepat untuk kuliah

0 Response to "Wajib Sesuai Minat Bakat, Begini Cara Menentukan Jurusan Kuliah 2022"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel