Langkap dengan Linknya, 7 Rekomendasi Software Matematika

 

Haloooo... Kali ini kita tidak akan membahas tentang materi sekolah nih. Tapi kita akan membahas sesuatu yang gak kalah seru dan pastinya masih seputar tentang matematika dong. Yaitu saya akan memberi tau apa saja sih software yang sangat membantu dan direkomendasikan untuk kita gunakan dalam pembelajaran matematika? yukk langsung aja disimak penjelasan dibawah ini...

1. Matlab


MATLAB (Matrix Laboratory) adalah sebuah program untuk analisis dan komputasi numerik dan merupakan suatu bahasa pemrograman matematika lanjutan yang dibentuk dengan dasar pemikiran menggunakan sifat dan bentuk matriks. Matlab digunakan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang melibatkan operasi matematika elemen, matriks, optimasi, aproksimasi dll. Matlab banyak digunakan pada matematika dan komputansi, pengembangan dan algoritma, pemrograman modeling, simulasi, pembuatan prototipe, analisa data, eksplorasi dan visualisasi, analisis numerik dan statistik, dan pengembangan aplikasi teknik.

Link : https://www.mathworks.com/

2. Geogebra


Geogebra merupakan salah satu software matematika dinamis yang memuat kajian geometri, aljabar, dan kalkulus. Geogebra dapat digunakan sebagai alat bantu belajar dan mengajar matematika, sebagai alat presentasi, serta sebagai alat memvisualisasi bentuk geometri dan lain-lain. Pada pembelajaran geometri bidang dapat digunakan sebagai media yang dapat menyampaikan konsep yang bersifat abstrak menjadi lebih konkrit.

Link : https://www.geogebra.org/download

3. Cabri II Plus


Cabri II Plus adalah sebuah software matematika yang termasuk kedalam jenis Dynamic Geometric Software (DGS). Cabri II Plus dirancang untuk membantu pengguna dalam mengkonstruksi dan mengeksplorasi bangun geomari dengan teliti dan tepat. Bangun geometri yang di konstruksi dengan Cabri II Plus dapat dimanipulasi dan digerakan sehingga mempermudah pengguna melakukan eksplorasi.
Menu-munu tombol Cabri II Plus terlihat sederhana, sehingga akan memudahkan Anda dalam mempelajarinya. Meskipun demikian, untuk mengkonstruksi sebuah bangun geometri Anda harus menggunakan kemampuan berpikir yang mendalam untuk memaknai setiap langkah konstruksi dengan konsep-konsep geometri. Sehingga kombinasi konsep geometri dengan pemvisualisasian suatu bangun oleh Cabri II Plus akan menambah wawasan Anda dan terciptanya sebuah pemahaman yang mendalam terhadap geometri. Hal ini bisa Anda terapkan kepada anak didik Anda, sehingga mereka menjadi pintar dan cerdas.

Link : https://www.cabri.com/en/student/cabri-ii-plus/

4. Adobe Flash


Adobe Flash (dahulu bernama Macromedia Flash) digunakan untuk membuat gambar vektor maupun animasi gambar. Flash menggunakan bahasa pemrograman bernama Action Script. Flash didesain dengan kemampuan untuk membuat animasi 2 dimensi yang handal dan ringan sehingga flash banyak digunakan untuk membangun dan memberikan efek animasi pada website, CD Interaktif dan yang lainnya. 
Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membuat animasi logo, movie, game, pembuatan navigasi pada situs web, tombol animasi, banner, menu interaktif, interaktif form isian, e-card, screen saver dan pembuatan aplikasi-aplikasi web lainnya. Oleh karena itu flash sangat bagus untuk membantu menyampaikan materi matematika secara interaktif, terutama pada anak SD yang cenderung menyukai gambar.

Link : https://www.adobe.com/products/catalog.html

5. Maple


Maple dapat membantu pengguna dalam menyelesaikan permasalahan matematika dengan lebih cepat dan efisien karena di dalamnya sudah terdapat fitur-fitur yang dapat mempermudah cara menggunakannya Maple juga dapat memvisualisaikan ekspresi aljabar dan geometri. Kekurangannya yaitu tidak dapat melakukan perhitungan yang terus menerus seperti dalam mengerjakan metode biseksi, metode regula false.

Link : https://www.maplesoft.com/downloads

6. Microsoft Mathematics


Microsoft Mathematics dapat membantu Anda dalam belajar memecahkan berbagai persamaan langkah demi langkah, memahami kosep dasar aljabar, trigonometri, fisika, kimia dan juga kalkulus. Microsoft Mathematics adalah perangkat lunak sejenis kalkulator namun memiliki fitur yang lebih lengkap dan memiliki kemampuan untuk menjabarkan secara detail langkah demi langkah penyelesaian suatu persoalan dalam disiplin ilmu pasti, tidak hanya matematika namun untuk ilmu fisika dan kimia. Namun penjabaran yang sangat detail hanya ditemui pada persoalan matematika.

Link : https://microsoft-mathematics.id.uptodown.com/windows

7. Wolfram Mathematica


Wolfram Mathematica atau yang sering disebut dengan Mathomatica merupakan suatu sistem aljabar komputer yang mengintegrasikan kemampuan komputasi (simbolik, numerik), visualisasi (grafik), bahasa pemprograman, dan pengolahan kata (word processing) kodalam suatu lingkungan yang sudah di gunakan Dengan Mathematica kita akan merasakan sebuah revolusi pada peran dan praktik matematika. Mathematica memiliki fasilitas fungsi matematika terpasang (built-in mathematics function) lebih dari 750 buah yang menjadikan sintak programnya dapat dinyatakan dalam satu atau beberapa baris sederhana saja Kesederhanaan bahasa program inilah yang menjadikan Mathematica dapat digunakan siapapun tanpa harus terlebih dahulu menguasai suatu bahasa pomprograman tertentu.

Link : https://www.wolfram.com/mathematica/trial/

Nah... itu dia software-software yang bisa memudahkan kita dalam pembelajaran matematika. Semoga bisa bermanfaat dan membantu teman-teman semuanya.




0 Response to "Langkap dengan Linknya, 7 Rekomendasi Software Matematika"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel