Ikut yang mana? Berikut Jenis ASN CPNS 2021


Tahun 2021 Pemerintah sedang bersiap untuk melaksanakan rekrutmen calon aparatur sipil negara (ASN). Menurut informasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), tahun ini akan dibuka sekitar 1,3 juta formasi untuk pegawai negeri sipil (PNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Dalam Rapat Koordinasi (Rakor) bersama instansi pusat dan daerah yang dilakukan secara virtual pada 4 Maret 2021, berikut rencana pengadaan Calon ASN 2021:

Guru PPPK
Tahun ini dibutuhkan sebanyak 1 juta formasi untuk guru PPPK. Formasi ini dapat diisi oleh:
  1. Tenaga honorer yang terdaftar dalam Dapodik Kemendikbud
  2. Guru honorer Eks-THK-2
  3. Lulusan PPG yang tidak mengajar
ASN Pemerintah Daerah (Pemda)
Sementara itu, kebutuhan ASN di pemerintah daerah (provinsi/kabupaten/kota) sebanyak 189.000 formasi. Jumlah ini merupakan total kebutuhan CPNS dan PPPK di pemerintah daerah. Diberitakan Antara, formasi ASN untuk pemda terdiri atas 70.000 PPPK jabatan fungsional nonguru dan 119.000 CPNS pegawai teknis.

ASN Pemerintah Pusat
Kebutuhan CPNS dan PPPK di kementerian/lembaga (pemerintah pusat) tidak sebanyak formasi pemerintah daerah. Disebutkan, jumlah kebutuhan untuk posisi di kementerian/lembaga sebanyak 83.000 formasi. Jumlah ini dengan rincian 50 persen untuk PPPK dan 50 persen lainnya untuk CPNS sesuai dengan kebutuhan masing-masing instansi.

Berikut skenario pengadaan CASN di tahun 2021 ini :

Penyusunan soal
Secara terpisah, Badan Kepegawaian Negara (BKN) meminta agar naskah soal seleksi kompetensi bidang (SKB) CPNS dan soal seleksi kompetensi teknis PPPK non-Guru segera disampaikan ke Panselnas (panitia seleksi nasional).

Penyerahan soal-soal ini dilakukan paling lambat 1 Juni 2021, untuk kemudian diintegrasikan ke dalam bank soal CAT BKN. Sementara itu, penyusunan soal kompetensi teknis bagi PPPK guru akan dipandu oleh Kemendikbud, lantaran seleksi 1 juta guru PPPK akan difasilitasi melalui UNBK Kemdikbud.

Seperti tahun sebelumnya, seleksi ASN tahun 2021 akan diselenggarakan melalui portal Sistem Seleksi Calon ASN (SSCASN), untuk mengakomodir rangkaian pendaftaran seluruh seleksi ASN.


Pengumuman formasi seleksi CPNS rencananya dilaksanakan akhir Maret 2021. Setelah pengumuman formasi, pendaftaran akan dibuka pada April hingga Mei mendatang. Sementara itu, proses tes seleksi akan mulai dilakukan bulan Juni 2021.

0 Response to "Ikut yang mana? Berikut Jenis ASN CPNS 2021"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel