Cek Plagiatisme dengan Menggunakan Plagiarism Checker X

Selamat siang, selamat menjalankan tugas. Kali ini saya akan memberikan tutorial cara cek tingkat kemiripan atau sering di sebut sebagai plagiatisme dari tulisan atau makalah yang kita buat. Bagi seorang penulis / mahasiswa / dosen maka seringkali bertemu dengan yang namanya makalah, jurnal, skripsi, tesis, tugas akhir atau sejenisnya. Dimana karya ini harus benar-benar original atau asli buatan kita sendiri, kita tidak boleh mengkopi atau menyalin karya orang lain secara langsung tanpa mengedit atau menyuntingnya. 
Aplikasi yang bisa dipakai untuk cek plagiatisme salah satunya adalah Plagiarism Checket X. Langsung saja saya berikan langkah-langkah lengkapnya, silahkan disimak.

Cara Cek Plagiatisme dengan Plagiarism Checker X

Silahkan siapkan 1 makalah atau skripsi yang di buat dalam 1 file, file ini bisa dalam bentuk word atau pdf. 


File yang kita siapkan pastikan bisa di edit (file jangan di protect) supaya aplikasi ini bisa membukanya. Silahkan buka aplikasi plagiarism checker x klik menu online plagiarsm
Silahkan klik tombol Load Document - lalu pilih file naskah / skripsi / jurnal yang akan kita cek plagiatismenya, tunggu beberapa saat sampai teks yang ada didalamnya masuk ke aplikasi ini. 
Selanjutnya silahkan klik tombol Analize It di bagian bawah kanan yang warnanya hijau. lalu tunggu proses cek plagiatisme, yang perlu diperhatikan dalam proses check ini adalah jaringan internet yang lancar dan hindari kegiatan browsing dulu, tunggu hingga selesai.
Jika sudah selesai maka akan muncul berapa persen plagiatisme tulisan kita, akan ditampilkan dalam bentuk grafik lingkaran. 
Hasil dari scan plagiat ini juga bisa disimpan dalam bentuk PDF, Doc, XLS atau HTML, dengan cara klik tombol Save di kanan atas lalu pilih format yang diinginkan.
File PDF hasil scan bisa kita cek dan akan tampil kalimat-kalimat yang terdeteksi sebagai plagiat, silahkan edit sedemikian rupa sehingga bentuk kalimatnya berbeda dari sebelumnya dengan maksud yang sama.


Itulah langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk cek Plagiatisme dengan Menggunakan Plagiarism Checker X, semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar dibawah ini. 

Tag Pencarian : 
cek plagiatisme skripsi, cek plagiatisme makalah, cek plagiatisme jurnal, cek plagiatisme tesis, cek plagiatisme tugas akhir, cara cek plagiat, cara cek kemiripan tulisan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel