Soal Test Wawasan Kebangsaan + Pembahasan Part 2 (No 11-20)

#soalTWK11
Berikut ini adalah kewajiban moral yang didasarkan kepada sila pertama, kecuali..
A. Menjalin kerjasama antar umat beragama
B. Toleransi dan saling menghormati
C. Menimbulkan kesadaran bahwa semua manusia adalah ciptaan Tuhan
D. Memelihara kerukunan
E. Merayakan hari raya semua agama bersama-sama

#soalTWK12
Sebagai dasar negara, Pancasila dijadikan pedoman hidup bangsa Indonesia. Namun masih banyak kasus  penyimpangan- penyimpangan terhadap nilai- nilai Pancasila, salah satunya, yaitu penyimpangan terhadap sila ke tiga. Dibawah ini kasus penyimpangan terhadap sila ke-3 yang pernah terjadi di Indonesia adalah...
A.  Kerusuhan di Tolikara
B. Kasus perbudakan buruh
C. Kasus pelecehan seksual di sekolah
D. Kasus penyerangan mapolres
E. KKN Dinasti

#SoalTWK13
Salah satu bentuk percampuran unsur Hindu-Buddha dengan unsur budaya Islam pada bentuk bangunan masjid kuno di Indonesia adalah… 
A. Bangunan masjid yang selalu menghadap ke timur 
B. Bentuk masjid yang bujur sangkar 
C. Bentuk atap masjid yang seperti kubah 
D. Arah kiblat bangunan masjid 
E. Atap masjid yang berbentuk meru

#SoalTWK14
Konfrontasi Indonesia terhadap Malaysia dalam bentuk usaha menentang pembentukan federasi Malaysia dilakukan dengan operasi… 
A. Merdeka 
B. Mandala 
C. Dwikora 
D. Trikora 
E. Seroja

#SoalTWK15
Hubungan wewenang antara pemerintah pusat dan pemerintahan daerah provinsi, kabupaten, dan kota, atau antara provinsi dan kabupaten dan kota, diatur dengan undang-undang dengan memperhatikan….
A. Keragaman daerah
B. Kaidah agama
C. Mayoritas penduduk
D. Pendidikan
E. Sosial kebudayaan

#soalTWK16
Menurut pasal 6 UU No.24 tahun 2000, bahwa tahapan perjanjian internasional,  
adalah….  
A. Penandatanganan dan pengesahan  
B. Pengesahan, Penandatangan dan pelaksanaan  
C. Perundingan, Penandatangan dan pengesahan  
D. Perundingan, pengesahan dan pelaksanaan  
E. Perundingan dan pengesahan

#soalTWK17
Sebelum terjadi krisis ekonomi pada bulan juli 1997, kurs rupiah terhadap dolar Amerika  
Serikat sebesar Rp.2.250 per dolar AS. Pada bulan Oktober 2000 kurs rupiah terhadap  
dolar AS berubah menjadi Rp.9.200. Perubahan kurs tersebut dalam ilmu ekonomi  
disebut …  
A. Apresiasi  
B. Inflasi  
C. Depresiasi  
D. Devaluasi  
E. Perubahan kurs nasional

#soalTWK18
Rancangan Undang-Undang Badan Hukum Pendidikan yang tampaknya akan disahkan  
dalam waktu dekat ini benar-benar menjadi instrumen hukum yang akan melegalisasi  
segala sesuatu yang bersifat internasional.  
 Kata instrumen dalam kalimat tersebut digunakan dengan makna ….  
A. Pedoman  
B. Dokumen resmi  
C. Sarana penelitian  
D. Patokan  
E. alat

#SoalTWK19
Pada masa Orba, ada istilah Kuningisasi. Anggota ASN diharuskan untuk memilih partai tertentu. Hal ini merupakan salaj satu bukti pelanggaran HAM di bidang:
A. Peradilan
B. Sosial budaya
C. Politik
D. Ekonomi
E. Pertahanan dan Keamanan

#SoalTWK20
Jakarta, CNBC Indonesia - Banyak orang Indonesia yang lebih suka membeli busana hingga aksesori dari brand asing. Bahkan menurut desainer kondang Ali Charisma, merek lokal masih kalah saing dengan brand luar internasional di negeri sendiri. Ali pun menuturkan kalau 60% konsumen Indonesia lebih suka membeli berbagai produk luar negeri daripada buatan Indonesia. Ketua Indonesia Fashion Chamber (IFC) itu mengakui kalau produk asing memiliki kualitas yang baik. Memupuk kesadaran masyarakat indonesia akan penggunaan produknya sendiri merupakan hal yang sangat diperlukan demi menjaga pertumbuhan ekonomi nasional. 
Langkah tersebut merupakan aktualisasi pancasila pada sila ke-... 
A. Sila ke-5 
B. Sila ke-4
C. Sila ke-3 
D. Sila ke-2 
E. Sila ke-1


#JawabanTWK11 E. Merayakan hari raya bersama-sama. Perhatikan kata kecuali nya yaa

#JawabanTWK12 A. Penyimpangan terhadap sila ke-3 ( Persatuan Indonesia), yang pernah terjadi adalah: Kerusuhan yang terjadi di Tolikara. Kerusuhan yang terjadi awal April 2016 ini merupakan konflik antara dua distrik, yaitu Gika dan Panaga, yang masih dalam sayu kesatuan daerah. Kerusuhan ini menimbulkan korban jiwa dan materi.

#JawabanTWK13 Bangunan masjid di Indonesia pada zaman Madya mempunyai ciri khusus pada atapnya. Atap masjid pada zaman Madya umumnya bertingkat dengan jumlah gasal, tiga, atau lima. Atap bertingkat itu disebut atap tumpang. Atap semacam itu mengingatkan kita pada bangunan meru di Bali, tempat suci pada pura. Pada relief-relief candi Jawa Timur pun terdapat gambar-gambar atap tumpang, walaupun sampai kini,bangunan atap tumpang yang dibuat pada zaman Kuno belum ditemukan. Mungkin bangunan dengan atap tumpang tersebut dibuat dari kayu atau bambu yang mudah hancur.

#JawabanTWK14 Operasi Dwikora merupakan operasi militer yang digunakan Indonesia saat melakukan Konfrontasi dengan Malay￾sia dan Negara Persemakmuran Inggris, seperti Australia dan Selandia Baru. Konfrontasi ini bisa terjadi karena Indonesia menolak pembentukan Federasi Malaysia yang dilakukan oleh Inggris  untuk menyatukan Koloninya yang berada di Kalimantan dan Semenanjung Malaya.

#JawabanTWK15 Berdasarkan UUD 1945 Pasal 18A ayat 1, hubungan wewenang antara pemerintah pusat dan pemerintahan daerah provinsi, kabupaten, dan kota, atau antara provinsi dan kabupaten dan kota, diatur dengan undangundang dengan memperhatikan kekhususan dan keragaman daerah.

#jawabanTWK16 C. Perundingan, Penandatangan dan pengesahan  Menurut pasal 6 UU No.24 tahun 2000 bahwa tahapan perjanjian nasional, adalah perundingan, penandatanganan, dan pengesahan.

#jawabanTWK17 C. Depresiasi  Pengertian di KBBI:  ap·re·si·a·si /aprésiasi/ n 1 kesadaran thd nilai seni dan budaya; 2 penilaian  (penghargaan) thd sesuatu; 3 kenaikan nilai barang krn harga pasarnya naik atau permintaan akan barang itu bertambah;  in·fla·si n Ek kemerosotan nilai uang (kertas) krn banyaknya dan cepatnya uang (kertas)  beredar sehingga menyebabkan naiknya harga barang-barang  dep·re·si·a·si /déprésiasi/ n turunnya nilai, penyusutan nilai (spt mata uang)  de·va·lu·a·si /dévaluasi/ n penurunan nilai uang yg dilakukan dng sengaja thd uang luar  negeri atau thd emas (msl untuk memperbaiki perekonomian);  kurs n nilai mata uang suatu negara yg dinyatakan dng nilai mata uang negara yg lain

#jawabanTWK18 E. alat. Kata instrumen bisa bermakna alat dan sarana penelitian. Dalam paragraph tersebut, kata instrumen berarti alat, kata instrumen berarti sarana penelitian berarti sarana penelitian  apabila kata tersebut digunakan dalam konteks mengolah data dalam penelitian, misalnya  instrumen penelitian atau angket.

#JawabanTWK19 C. Politik

#JawabanTWK20 C. Sila ke-3

0 Response to "Soal Test Wawasan Kebangsaan + Pembahasan Part 2 (No 11-20)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel